Minggu, 04 Desember 2011

KISI-KISI UAS GANJIL


No.
Urut
Kompetensi Dasar/ Indikator
Bahan Kelas/ Smt.
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal
1.        
1.1       Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
VIII/GJL
Hukum Bacaan Qalqolah Dan Ra



·       Pengertian  dari  qolqolah


·       Siswa menunjukan arti dari  qolqolah
PG
1
·       Pengertian  tafkhim dalam hukum bacaan ra


·       Siswa menunjukan apa arti tafkhim dalam hukum bacaan ra
PG
2
1.2       Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra  dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
VIII/GJL
Hukum Bacaan Qalqolah Dan Ra



·       Menerapkan  hukum bacaan dan sebabnya


·       Ditamilkan QS. Al-Ashr : 2. Siswa disuruh menunjukan hukum bacaan dan sebabnya
PG
3
2.        
2.1       Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
VIII/GJL
Iman Kepada Kitab-Kitab Allah



·       Definisi  iman menurut istilah


·       Siswa menunjukan kata yang tidak termasuk dalam definisi iman menurut istilah
PG
4
2.2       Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
VIII/GJL
Iman Kepada Kitab-Kitab Allah



·       Nama  kitab , nabinya yang menerimanya


·       Siswa menunjukan nama kitab yang cocok dengan nabinya yang menerimanya
PG
5
·       Nama  kitab , nabinya yang menerimanya


·       Siswa menunjukan nama kitab yang cocok dengan agama yang menganutnya
PG
6
2.3       Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
VIII/GJL
Iman Kepada Kitab-Kitab Allah



·       Sikap  mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah


·       Ditampilkan sikap orang yang mencintai sesuatu, yaitu “selalu ingin bersama dengan orang yang dicintainya”. Siswa mencari pernyataan yang cocok dengan sifat tersebut yang disingkronkan dengan mencintai Al-Qur’an
PG
7
·       Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an


·       Siswa menunjukan agama selain agama samawi yang menerima kitab langsung dari Allah.
PG
8
·       Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an


·       Ditampilkan sifat orang yang mencintai sesuatu yaitu “ingin mengetahui isi hati orang yang dicintainya. Siswa menganalogikan sikap tersebut kepada bentuk perbuatan orang yang mencintai al-Qur’an.
E
46
3.        
3.1       Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal
VIII/GJL
Zuhud Dan Tawakal



·       Pengertian zuhud.


·       Siswa menunjukan pelengkap pengertian zuhud secara istilah.
PG
9
·       Pengertian tawakal.


·       Siswa menyusun kata yang acak tentang pengertian tawakal.
PG
10
3.2       Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakkal
VIII/GJL
Zuhud Dan Tawakal



·       Prilaku Zuhud


·       Siswa menunjukan pengertian usaha yang maksimal
PG
11
3.3       Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
VIII/GJL
Zuhud Dan Tawakal



·       Tawakal dirumah


·       Ditampilkan sebagian cerita tentang anak yang tawakal. Siswa menunjukan ciri orang tawakal dalam cerita tersebut.
PG
12
·       Dalil Tawakal


·       Ditampilkan QS. Ali Imron :59 beserta artinya. Siswa mengisi pertanyaan-pertanyaan seputar ayat di bawahnya.
E
47
4.        
4.1      Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
VIII/GJL
Ananiah, Ghadab, Hasad, Ghibah Dan Namimah



·       Pengertian ananiah secara bahasa


·       Siswa menunjukan pengertian ananiah secara bahasa
PG
13
·       Pengertian ghadab secara bahasa


·       Siswa menunjukan pengertian ghadab secara bahasa
PG
14
4.2      Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
VIII/GJL
Ananiah, Ghadab, Hasad, Ghibah Dan Namimah



·       Contoh perilaku tercela


·       Ditampilkan cerita siswa yang merencanakan perbuatan merusak lingkungan sekolah. Siswa menyimpulkan jenis perbuatan tercela tersebut
PG
15
4.3      Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
VIII/GJL
Ananiah, Ghadab, Hasad, Ghibah Dan Namimah



·       Menghindari ghibah


·       Ditampilkan pengertian ghibah. Siswa menganalogikan acara di televise yang berhubungan dengan ghibah
PG
16
·       Menghindari namimah


·       Ditampilkan cerita tentang anak yang tawuran dan disebabkan oleh namimah. Siswa menyebutkan langkah-langkah untuk mengindari namimah agar tidak terjadi tawuran.
E
48
5.        
5.1      Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib
VIII/GJL
Shalat Sunat Rawatib



·       Pengertian shalat sunah rawatib


·       Siswa menunjukan pengertian shalat sunah rawatib
PG
17
·       Macam shalat rawatib


·       Siswa menujukan macam shalat rawatib yang dilaksanakan sebelum shalat fardlu
PG
18
·       Macam shalat rawatib


·       Siswa menunjukan shalat rawatib muakkad

19
5.2      Memperaktikkan shalat sunnat rawatib
VIII/GJL
Shalat Sunat Rawatib



·       Praktek Shalat sunah rawatib


·       Ditampilkan cerita siswa yang selalu melaksanakan shalat snat rawatib sbelum shubuh, sebelum dhuhur, sesudah dhuhur, sesudah maghrib dan sisudah isya. Siswa menyimpulkan jenis shalat rawatib yang dilakukan oleh siswa tersebut.
PG
20
6.        
6.1      Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
VIII/GJL
Sujud Syukur, Sahwi, Dan Tilawah



·       Pengertian tilawah


·       Siswa menunjukan pengertian tilawah
PG
21
6.2      Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
VIII/GJL
Sujud Syukur, Sahwi, Dan Tilawah



·       Waktu pelaksanaan sujud sahwi


·       Siswa menunjukan waktu pelaksanaan sujud sahwi
PG
22
·       Macam-macam sujud


·       Ditampilkan cerita seorang anak yang mendapatkan juara. Siswa menunjukan jenis sujud dan tempat sujud yang benar.
PG
23
·       Sebab-sebab sujud


·       Ditampilkan hal-hal yang menyebabkan sujud sahwi. Siswa menunjukan hal-hal yang tidak menyebabkan sujud sahwi dalam shalat
PG
24
·       Bacaan-bacaan sujud


·       Ditampilkan bacaan sujud sahwi. Siswa memberikan syakal pada kalimat tersebut.
E
49
6.3      Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
VIII/GJL
Sujud Syukur, Sahwi, Dan Tilawah



·       Tatacara sujud


·       Ditampilkan kejadian secara acak. Siswa menyusun langkah-langkah sujud syukur
PG
25
7.        
7.1       Menjelaskan ketentuan puasa wajib
VIII/GJL
Puasa Wajib



·       Macam-macam puasa wajib


·       Siswa menunjukan jenis puasa yang tidak wajib
PG
26
·        


·       Siswa menunjukan penyebab puasa nadzar

27
·       Macam-macam puasa wajib


·       Ditampilkan cerita suami istri yang melakukan hubungan badan di siang hari bulan Ramadlan, kemudian dia tidak mau berpuasa dua bulan berturut-turut. Siswa menyebutkan hukum bagi orang tersebut dan alasannya..
PG
28
7.2       Memperaktekkan puasa wajib
VIII/GJL
Puasa Wajib



·       Memperaktekkan puasa wajib


·       Ditampilkan seorang anak yang puasa setelah dia merasa apa yang dia cita-citakan berhasil. Siswa menunjukan jenis puasa yang dilakukan anak tersebut.
PG
29
7.3       Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
VIII/GJL
Puasa Sunah



·       Pengertian puasa sunah


·       Siswa menunjukan nama puasa yang dilakukan selama enam hari setelah idul fithri
PG
30
·       Waktu puasa sunah


·       Siswa menunjukan tanggal pelaksanaan puasa Arafah
PG
31
·       Waktu puasa sunah


·       Ditampilakn cerita seorang anak yang melaksanakan puasa 2 hari seminggu, dan penjumlahannya jika dia berpuasa seperti itu selama sepuluh bulan. Siswa menentukan jenis puasa dan jumlah selama sepuluh bulan.
E
50
7.4       Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
VIII/GJL
Puasa Sunah



·       Waktu puasa sunah


·       Siswa menunjukan waktu puasa syawal

32
·       Waktu puasa sunah


·       Siswa menunjukan pernyataan tentang waktu puasa arafah.
PG
33
8.        
8.1       Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
VIII/GJL
Zakat Fitrah Dan Zakat Mal



·       Pengertian zakat mal


·       Siswa menunjukan pengertian zakat mal
PG
34
8.2       Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
VIII/GJL
Zakat Fitrah Dan Zakat Mal



·       Prbedaan waktu dalam menunaikan zakat fitrah dan zakat mal


·       Siswa menunjukan perbedaan waktu dalam menunaikan zakat fitrah dan zakat mal
PG
35
·       Perbedaan orang yang menerima zakat mal dan zakat fitrah


·       Siswa menunjukan perbedaan orang yang menerima zakat mal dan zakat fitrah
PG
36
8.3       Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
VIII/GJL
Zakat Fitrah Dan Zakat Mal



·       Pengertian mustahik zakat


·       Siswa menunjukan penertian faqir
PG
37
·        


·       Siswa menunjukan jumlah mustahik zakat

38
·       Contoh mustahik


·       Ditampilkan pengertian fii sabilillah.Siswa menunjukan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam katagori fi sabilillah

39
·       Pengertian mustahik zakat


·       Siswa menunjukan pengertian miskin
PG
40
8.4       Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
VIII/GJL
Zakat Fitrah Dan Zakat Mal



·       Waktu-waktu pemberian zakat


·       Ditampilkan rumusan waktu pemberian zakat fitrah terbaik, yaitu malam idul fitri. Siswa menyimpulkan dengan pernyataan waktu diberikannya zakat fitrah.
PG
41
·       Cara perhitungan zakat


·       Ditampilkan seseorang mempunyai harta sebanyak dua miliar. Siswa menghitung zakatnya setelah satu tahun dimiliki
PG
42
9.        
9.1       Menceritakan sejarah  Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
VIII/GJL
Sejarah Nabi Muhammad Saw.



·       Kegiatan Nabi saw. Yang pertama kali dilakukan di Madinah


·       Siswa menunjukan kegiatan Nabi saw. Yang pertama kali dilakukan di Madinah
PG
43
·       Bangunan yang pertama dibangun dan fungsinya


·       Siswa menunjukan bangunan yang pertama dibangun dan fungsinya
PG
44
9.2       Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
VIII/GJL
Sejarah Nabi Muhammad Saw.



·       Kegiatan Nabi saw. Yang pertama kali dilakukan di Madinah


·       Siswa menunjukan alasan pentingnya kegiatan yang pertama kali dilakukan di Madinah
PG
45