No. Urut | Kompetensi Dasar/ Indikator | Bahan Kelas/ Smt. | Materi | Indikator Soal | Bentuk Tes | No. Soal |
1. | 1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra | VIII/GJL | Hukum Bacaan Qalqolah Dan Ra | |||
· Pengertian dari qolqolah | · Siswa menunjukan arti dari qolqolah | PG | 1 | |||
· Pengertian tafkhim dalam hukum bacaan ra | · Siswa menunjukan apa arti tafkhim dalam hukum bacaan ra | PG | 2 | |||
1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar. | VIII/GJL | Hukum Bacaan Qalqolah Dan Ra | ||||
· Menerapkan hukum bacaan dan sebabnya | · Ditamilkan QS. Al-Ashr : 2. Siswa disuruh menunjukan hukum bacaan dan sebabnya | PG | 3 | |||
2. | 2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah | VIII/GJL | Iman Kepada Kitab-Kitab Allah | |||
· Definisi iman menurut istilah | · Siswa menunjukan kata yang tidak termasuk dalam definisi iman menurut istilah | PG | 4 | |||
2.2 Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul | VIII/GJL | Iman Kepada Kitab-Kitab Allah | ||||
· Nama kitab , nabinya yang menerimanya | · Siswa menunjukan nama kitab yang cocok dengan nabinya yang menerimanya | PG | 5 | |||
· Nama kitab , nabinya yang menerimanya | · Siswa menunjukan nama kitab yang cocok dengan agama yang menganutnya | PG | 6 | |||
2.3 Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah | VIII/GJL | Iman Kepada Kitab-Kitab Allah | ||||
· Sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah | · Ditampilkan sikap orang yang mencintai sesuatu, yaitu “selalu ingin bersama dengan orang yang dicintainya”. Siswa mencari pernyataan yang cocok dengan sifat tersebut yang disingkronkan dengan mencintai Al-Qur’an | PG | 7 | |||
· Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an | · Siswa menunjukan agama selain agama samawi yang menerima kitab langsung dari Allah. | PG | 8 | |||
· Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an | · Ditampilkan sifat orang yang mencintai sesuatu yaitu “ingin mengetahui isi hati orang yang dicintainya. Siswa menganalogikan sikap tersebut kepada bentuk perbuatan orang yang mencintai al-Qur’an. | E | 46 | |||
3. | 3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal | VIII/GJL | Zuhud Dan Tawakal | |||
· Pengertian zuhud. | · Siswa menunjukan pelengkap pengertian zuhud secara istilah. | PG | 9 | |||
· Pengertian tawakal. | · Siswa menyusun kata yang acak tentang pengertian tawakal. | PG | 10 | |||
3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakkal | VIII/GJL | Zuhud Dan Tawakal | ||||
· Prilaku Zuhud | · Siswa menunjukan pengertian usaha yang maksimal | PG | 11 | |||
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari. | VIII/GJL | Zuhud Dan Tawakal | ||||
· Tawakal dirumah | · Ditampilkan sebagian cerita tentang anak yang tawakal. Siswa menunjukan ciri orang tawakal dalam cerita tersebut. | PG | 12 | |||
· Dalil Tawakal | · Ditampilkan QS. Ali Imron :59 beserta artinya. Siswa mengisi pertanyaan-pertanyaan seputar ayat di bawahnya. | E | 47 | |||
4. | 4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah | VIII/GJL | Ananiah, Ghadab, Hasad, Ghibah Dan Namimah | |||
· Pengertian ananiah secara bahasa | · Siswa menunjukan pengertian ananiah secara bahasa | PG | 13 | |||
· Pengertian ghadab secara bahasa | · Siswa menunjukan pengertian ghadab secara bahasa | PG | 14 | |||
4.2 Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah | VIII/GJL | Ananiah, Ghadab, Hasad, Ghibah Dan Namimah | ||||
· Contoh perilaku tercela | · Ditampilkan cerita siswa yang merencanakan perbuatan merusak lingkungan sekolah. Siswa menyimpulkan jenis perbuatan tercela tersebut | PG | 15 | |||
4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari. | VIII/GJL | Ananiah, Ghadab, Hasad, Ghibah Dan Namimah | ||||
· Menghindari ghibah | · Ditampilkan pengertian ghibah. Siswa menganalogikan acara di televise yang berhubungan dengan ghibah | PG | 16 | |||
· Menghindari namimah | · Ditampilkan cerita tentang anak yang tawuran dan disebabkan oleh namimah. Siswa menyebutkan langkah-langkah untuk mengindari namimah agar tidak terjadi tawuran. | E | 48 | |||
5. | 5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib | VIII/GJL | Shalat Sunat Rawatib | |||
· Pengertian shalat sunah rawatib | · Siswa menunjukan pengertian shalat sunah rawatib | PG | 17 | |||
· Macam shalat rawatib | · Siswa menujukan macam shalat rawatib yang dilaksanakan sebelum shalat fardlu | PG | 18 | |||
· Macam shalat rawatib | · Siswa menunjukan shalat rawatib muakkad | 19 | ||||
5.2 Memperaktikkan shalat sunnat rawatib | VIII/GJL | Shalat Sunat Rawatib | ||||
· Praktek Shalat sunah rawatib | · Ditampilkan cerita siswa yang selalu melaksanakan shalat snat rawatib sbelum shubuh, sebelum dhuhur, sesudah dhuhur, sesudah maghrib dan sisudah isya. Siswa menyimpulkan jenis shalat rawatib yang dilakukan oleh siswa tersebut. | PG | 20 | |||
6. | 6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah | VIII/GJL | Sujud Syukur, Sahwi, Dan Tilawah | |||
· Pengertian tilawah | · Siswa menunjukan pengertian tilawah | PG | 21 | |||
6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah | VIII/GJL | Sujud Syukur, Sahwi, Dan Tilawah | ||||
· Waktu pelaksanaan sujud sahwi | · Siswa menunjukan waktu pelaksanaan sujud sahwi | PG | 22 | |||
· Macam-macam sujud | · Ditampilkan cerita seorang anak yang mendapatkan juara. Siswa menunjukan jenis sujud dan tempat sujud yang benar. | PG | 23 | |||
· Sebab-sebab sujud | · Ditampilkan hal-hal yang menyebabkan sujud sahwi. Siswa menunjukan hal-hal yang tidak menyebabkan sujud sahwi dalam shalat | PG | 24 | |||
· Bacaan-bacaan sujud | · Ditampilkan bacaan sujud sahwi. Siswa memberikan syakal pada kalimat tersebut. | E | 49 | |||
6.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah | VIII/GJL | Sujud Syukur, Sahwi, Dan Tilawah | ||||
· Tatacara sujud | · Ditampilkan kejadian secara acak. Siswa menyusun langkah-langkah sujud syukur | PG | 25 | |||
7. | 7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib | VIII/GJL | Puasa Wajib | |||
· Macam-macam puasa wajib | · Siswa menunjukan jenis puasa yang tidak wajib | PG | 26 | |||
· | · Siswa menunjukan penyebab puasa nadzar | 27 | ||||
· Macam-macam puasa wajib | · Ditampilkan cerita suami istri yang melakukan hubungan badan di siang hari bulan Ramadlan, kemudian dia tidak mau berpuasa dua bulan berturut-turut. Siswa menyebutkan hukum bagi orang tersebut dan alasannya.. | PG | 28 | |||
7.2 Memperaktekkan puasa wajib | VIII/GJL | Puasa Wajib | ||||
· Memperaktekkan puasa wajib | · Ditampilkan seorang anak yang puasa setelah dia merasa apa yang dia cita-citakan berhasil. Siswa menunjukan jenis puasa yang dilakukan anak tersebut. | PG | 29 | |||
7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah | VIII/GJL | Puasa Sunah | ||||
· Pengertian puasa sunah | · Siswa menunjukan nama puasa yang dilakukan selama enam hari setelah idul fithri | PG | 30 | |||
· Waktu puasa sunah | · Siswa menunjukan tanggal pelaksanaan puasa Arafah | PG | 31 | |||
· Waktu puasa sunah | · Ditampilakn cerita seorang anak yang melaksanakan puasa 2 hari seminggu, dan penjumlahannya jika dia berpuasa seperti itu selama sepuluh bulan. Siswa menentukan jenis puasa dan jumlah selama sepuluh bulan. | E | 50 | |||
7.4 Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah | VIII/GJL | Puasa Sunah | ||||
· Waktu puasa sunah | · Siswa menunjukan waktu puasa syawal | 32 | ||||
· Waktu puasa sunah | · Siswa menunjukan pernyataan tentang waktu puasa arafah. | PG | 33 | |||
8. | 8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal | VIII/GJL | Zakat Fitrah Dan Zakat Mal | |||
· Pengertian zakat mal | · Siswa menunjukan pengertian zakat mal | PG | 34 | |||
8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal | VIII/GJL | Zakat Fitrah Dan Zakat Mal | ||||
· Prbedaan waktu dalam menunaikan zakat fitrah dan zakat mal | · Siswa menunjukan perbedaan waktu dalam menunaikan zakat fitrah dan zakat mal | PG | 35 | |||
· Perbedaan orang yang menerima zakat mal dan zakat fitrah | · Siswa menunjukan perbedaan orang yang menerima zakat mal dan zakat fitrah | PG | 36 | |||
8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal | VIII/GJL | Zakat Fitrah Dan Zakat Mal | ||||
· Pengertian mustahik zakat | · Siswa menunjukan penertian faqir | PG | 37 | |||
· | · Siswa menunjukan jumlah mustahik zakat | 38 | ||||
· Contoh mustahik | · Ditampilkan pengertian fii sabilillah.Siswa menunjukan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam katagori fi sabilillah | 39 | ||||
· Pengertian mustahik zakat | · Siswa menunjukan pengertian miskin | PG | 40 | |||
8.4 Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal | VIII/GJL | Zakat Fitrah Dan Zakat Mal | ||||
· Waktu-waktu pemberian zakat | · Ditampilkan rumusan waktu pemberian zakat fitrah terbaik, yaitu malam idul fitri. Siswa menyimpulkan dengan pernyataan waktu diberikannya zakat fitrah. | PG | 41 | |||
· Cara perhitungan zakat | · Ditampilkan seseorang mempunyai harta sebanyak dua miliar. Siswa menghitung zakatnya setelah satu tahun dimiliki | PG | 42 | |||
9. | 9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan | VIII/GJL | Sejarah Nabi Muhammad Saw. | |||
· Kegiatan Nabi saw. Yang pertama kali dilakukan di Madinah | · Siswa menunjukan kegiatan Nabi saw. Yang pertama kali dilakukan di Madinah | PG | 43 | |||
· Bangunan yang pertama dibangun dan fungsinya | · Siswa menunjukan bangunan yang pertama dibangun dan fungsinya | PG | 44 | |||
9.2 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah | VIII/GJL | Sejarah Nabi Muhammad Saw. | ||||
· Kegiatan Nabi saw. Yang pertama kali dilakukan di Madinah | · Siswa menunjukan alasan pentingnya kegiatan yang pertama kali dilakukan di Madinah | PG | 45 |
Tidak ada methode terbaik yang bisa dilakukan untuk semua hal dan bahkan untuk satu hal. Ketika satu hal tersebut mengalami ruang dan waktu yang berbeda, maka methode yang tepat waktu itu tidak lagi sekarang. Berinovasilah terus, sampai nyawa hilang dari badan!
Minggu, 04 Desember 2011
KISI-KISI UAS GANJIL
Langganan:
Postingan (Atom)